Sabtu, 26 Maret 2016

Awas!! Data Kamu Bisa Dicuri Karena Virus Android Ini

virus android

Sebuah adware Android baru yang kenal sebagai software development kit (SDK) terdeteksi di sejumlah aplikasi. 

Para peneliti dari Dr. Web telah mendeteksi adware Android baru ini di sejumlah aplikasi dari perusahaan populer, serta pada firmware hampir 40 perangkat mobile. 



“Trojan ini, yang diberi nama Android.Gmobi.1, dirancang sebagai paket program khusus (platform SDK) biasanya digunakan oleh produsen perangkat mobile atau oleh pengembang perangkat lunak untuk memperluas fungsionalitas dari aplikasi Android,” kata para peneliti. 

Mereka juga menjelaskan bahwa ini mampu memperbarui sistem operasi, mengumpulkan informasi, tampilan notifikasi dan melakukan pembayaran mobile. 

Menurut laporan HelpNetSecurity malware ini bisa menyedot informasi rahasia, termasuk email pengguna, GPS atau koordinat jaringan seluler, dan mentransmisikannya ke server C&C. 

Operator dari server kemudian bisa merelay kembali perintah, serta memerintahkan malware untuk men-download dan menginstal file APK menggunakan dialog sistem standar. 

Gmobi telah ditemukan oleh Dr.Web dibeberapa aplikasi seperti ASUS WebStorage, dan dalam sistem perangkat lunak untuk update firmware Micromax AQ5001. 

Solusi paling aman, Dr. Web menyarankan pengguna yang jadi target Android.Gmobi.1 untuk menghubungi produsen perangkat dan meminta mereka untuk merilis update firmware tanpa trojan. 

sumber : rakyatku.com

Artikel Terkait