Selasa, 01 Maret 2016

Kecelakaan Kerja Kembali Memakan Korban, Kali Ini Menimpa Saudaraku TKI Ponorogo



Kecelakaan kerja kembali memakan korban saudara kita yang bekerja sebagai TKI Korea di pabrik pembuatan alat pemadam kebakaran, Hanguksobang, di Korea Selatan (Korsel) meledak pada Senin (29/2), demikian rilis dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Seoul yang diterima di Jakarta, Selasa (1/3).

Korban bernama Didik Setiawan asal Gupolo Babadan Ponorogo Jawa Timur.

Kejadian itu terjadi sekitar pukul 17.00 waktu setempat yang berasal dari tangki penyimpan bahan pemadam kebakaran di perusahaan Hanguksobang yang terletak di Desa Sunseo, Distrik Gun-ui, Provinsi Gyeongbuk.

Saat kejadian Didik dan delapan orang temannya sedang bekerja, tiba-tiba terjadi ledakan.


Didik meninggal dunia sedangkan dua temannya mengalami luka-luka.

Dwi Mulyono asal Malang mengalami luka pada bagian lengan dan Hari Subagyo yang juga asal Ponorogo mengalami luka karena cairan pemadam kebakaran.

Menurut kejadian yang kami kutip dari internasional.republika.co.id, kejadian itu bermula ketika para pekerja sedang melakukan pengelasan untuk menambal retakan pada tangki penyimpanan.

Bahan tholuen terkena percikan api dan bereaksi sehingga terjadi ledakan. Pihak berwajib sedang melakukan investigasi di TKP.



"Kita sangat terpukul dan berbelasungkawa atas kejadian ini. KBRI akan melindungi dan mengawal hak-hak warga kita," kata Wakil Duta Besar RI di Seoul, Cecep Herawan.

Kurang dari 12 jam sejak kejadian tersebut, Hanguksobang segera melakukan kontak dengan para keluarga korban guna membahas pengurusan jenazah, termasuk pengiriman ke Tanah Air. Sedangkan bagi para korban luka, perusahaan akan menanggung biaya perawatan hingga pulih.

Fungsi Konsuler KBRI terus berkomunikasi dengan perusahaan dan kerabat korban untuk memastikan hak-hak para pekerja Indonesia dipenuhi dengan cepat dan baik.

Semoga amal baikmu diterima saudaraku, kami berdoa semoga kejadian ini tidak menimpa saudaraku TKI yang ada di seluruh dunia.

Amin

Artikel Terkait